Rabu, 19 April 2017

ikan turbot




Ikan Turbot (Psetta maxima) adalah spesies laut bentik. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan demersal karena hidup di dasar berpasir dan berlumpur, dari perairan dangkal hingga 100 m. Individu yang lebih muda cenderung tinggal di daerah dangkal. Cryptic, meniru warna substrat, dan bersifat karnivora, pada fase juvenil memakan moluska dan krustasea, dan pada ikan dewasa  makanan utamanya ikan dan cumi. Ikan ini banyak ditemukan di Laut Icelandic sampai ke Mediterrania. Ikan Turbot bertelur antara bulan Februari dan April di daerah Mediterania dan antara bulan Mei dan Juli di daerah Atlantic. Larva yang awalnya
simetris, tapi pada akhir metamorfosis (hari ke 40-50, 25 mm) mata kanan telah pindah ke kiri, memberikan bentuk yang asimetri. Sebelumnya dikenal sebagai Scophthalmus maximus.
            Semua spesies teleost (ikan bertulang) flatfish telah berevolusi untuk hidup pada atau dekat dasar laut. Mereka berbentuk datar karena mereka benar-benar berbaring di satu sisi tubuh mereka, dan mata yang akan berada di bawah bermigrasi ke sisi atas selama pengembangan awal. semua larva flatfish berenang bebas dan planktonik, dan berorientasi secara normal seperti ikan bulat bertubuh. Proses perubahan menjadi satu sisi dan menjadi datar disebut metamorfosis, dan dalam kasus turbot terjadi antara hari ke 14 dan Hari ke 25 setelah menetas. Sebenarnya ada 3 spesies flatfish di Eropa, semua termasuk dalam famili Bothidae yaitu, Atlantic turbot, Black Sea turbot, Brill.
Black Sea Turbot atau  yang disebut Kalkan, (Psetta maxima, mantan Psetta maeotica) telah menjadi salah satu yang paling populer dan tinggi nilai pasar ikan di Turki. Persaingan antara petani berhadapan dengan laut bass dan produksi ikan air tawar laut serta krisis ekonomi di seluruh dunia, telah menyebabkan sektor untuk mencari spesies ikan baru.
Oleh karena itu, prospek Kalkan diharapkan oleh petani ikan meningkat. Namun, di Turki, Kalkan berbudaya belum memberikan kontribusi di pasar, karena kekurangan informasi mengenai teknik membesarkan, bahkan setelah pembentukan teknik produksi benih Kalkan.
Persiapan wadah
Turbot dipelihara dalam wadah yang terbuat dari besi, beton, batu bata, atau fiber glass dengan kedalaman wadah kurang dari 100 cm dengan kedalaman air kurang dari 70 cm. Bentuk wadah bisa kotak, melingkar dan mengerucut. Turbot membutuhkan media air yang dingin, temperatur air tidak boleh lebih dari 18ºC karena jika lebih akan menyulitkan budidaya Turbot. Turbot membutuhkan air yang bersih. Untuk itu, suplai air harus bebas dari segala jenis larutan kimia ataupun kontaminasi biologis.
Untuk mengendalikan intensitas cahaya dan untuk meminimalkan perubahan mendadak peningkatan suhu air serta untuk mencegah perubahan mendadak salinitas dari hujan lebat, tangki pemeliharaan dalam ruangan juga bisa digunakan.
Ikan Turbot dapat kehilangan nafsu makan apabila dihadapkan dengan intensitas cahaya yang tinggi. Selain itu sinar matahari langsung memungkinkan tumbuhnya zat yang tidak menguntungkan di dalam tangki, sehingga Turbot sangat mudah terinfeksi parasit dan bakteri.
Oleh karena itu, dianjurkan untuk budidaya ikan Turbot fasilitas indoor membutuhkan shading yang tepat. Untuk tujuan ini bahan industri murah harus dimanfaatkan untuk meminimalkan biaya investasi awal. Disarankan untuk menginstal ventilasi di bagian atas atap untuk melepaskan udara panas di daerah budidaya selama musim panas.
Pemilihan indukan masih banyak dilakukan dengan mengambil stok indukan dari alam bebas. Pakan untuk indukan berupa cincangan ikan-ikan kecil 13-17% dari total biomassa untuk indukan Turbot muda dan 5-9% dari total biomassa untuk indukan yang lebih besar tiap minggu. Selain itu diinjeksikan suplemen terutama vitamin C 600mg/kg ikan dan E 800mg/kg ikan tiap minggu.
Dalam penangkaran induk untuk rentang turbot dengan tangki bervolume 4-10 m3, dan biasanya penuh dengan ikan kepadatan hingga 10 kg/m2, dengan jantan : betina rasio 1:1. Tangki yang disertakan dengan suhu air yang dikendalikan dalam rangka mempertahankan kondisi optimum, biasanya mencerminkan kondisi di North Sea. Pertukaran air umumnya cukup rendah, tetapi aktif, air jarang diperlukan untuk induk turbot di sebagian penetasan di wilayah Eropa. Pemanasan air dari hatchery induk mungkin lebih diperlukan.
Perkembangan hatchery turbot tergantung pada pengendalian produksi telur yang dikeluarkan dari pemijahan kultivan. Teknik pemijahan pertama turbot terdiri dari pengumpulan telur yang dibuahi secara alami dalam tangki, dengan atau tanpa hormon synchronization.3-5. Sekarang pematangan alami diikuti oleh gamet pengupasan dari jantan dan betina lebih diminati dalam pembenihan.
Proses pemijahan
Turbot dapat distripping secara manual selama musim bertelur, dengan betina berovulasi beberapa kali selama musim, pada siklus yang bervariasi antara individu tetapi yang umumnya 2,5-3 hari. Bobot indukan biasanya bervariasi, dan jantan biasanya lebih kecil dari betina. Stripping biasanya dilakukan di luar tangki induk karena kemudahan penanganan turbot dewasa. Fertilisasi terjadi segera setelah pengumpulan telur, dan baik teknik basah dan kering dapat digunakan.
Setiap betina dapat bertelur beberapa kali, hingga 12 kali bertelur per musim. Jumlah telur yang dikumpulkan per kg betina tiap musim bertelur sangat bervariasi., rata-rata 430.000. Rata-rata jumlah yang layak embrio yang dihasilkan oleh pembuahan buatan tergantung pada keterlambatan diamati antara waktu ovulasi dan stripping. Setelah pengupasan, telur dan sperma dicampur tanpa air laut. Lima sampai sepuluh menit kemudian, air laut dituangkan di atas sel. Telur tersebut kemudian ditempatkan dalam inkubator. Nilai rata-rata dari tingkat viabilitas (embrio dikeluarkan dari telur dilucuti) adalah 33%. Hasil serupa mungkin diperoleh dengan pemijahan alami.
Inkubasi
Sekitar 80-90% dari telur yand distripping dari betina yang baik akan tampak benar-benar dibuahi dan mampu diinkubasi, dan ini dilakukan dalam bak berbentuk kerucut dengan volume sekitar 70 L. Pengendalian suhu air dan kebersihan sangat penting selama tahap ini - suhu optimum tampaknya berada di sekitar 12 º C, dan air biasanya disaring dan disterilkan dengan UV. Ada beberapa kecenderungan telur menggumpal bersama-sama, sehingga aerasi lembut umumnya digunakan untuk mencegah hal ini.
Telur mati yang turun ke bagian bawah bak kerucut selama inkubasi harus dihapus secara teratur untuk menjaga kualitas air. Untuk Itu bak inkubasi dapat dilengkapi dengan mekanisme pembilasan dasar, tapi tabung penyedot sederhana dari permukaan akan menghapus telur mati sangat efisien. Menjelang akhir inkubasi telur, (4 hari) telur dapat dijaring denagn lembut keluar dan permukaan disterilkan dengan asam peroxyacetic.
Pemeliharaan larva
            Larva yang baru menetas berukuran sekitar 3 mm, berat antara 0,1-0,2 mg, berbentuk simetris, dan vesikel yolk berkembang dengan baik. Saluran pencernaan dibedakan dan ditutup anterior, dan mata yang masih belum berfungsi. Ini adalah periode embrio. Antara hari ke 2 dan 3, mulut terbuka dan memakan secara eksogen dimulai sementara yolk sac cadangan dan globul minyak dengan cepat dimobilisasi dan akan menghilang pada hari ke 5 dan 7.
Setelah kuning telur habis,  makanan yang baik untuk larva Turbot adalah Nauplii dari calanoid copepoda karena kandungan asam lemak yang cocok untuk pertumbuhan larva. Selain itu dapat juga diberikan Rotifer Brachionus plicatilis (diberikan untuk larva berumur 10 hari) dan Brachiopod, Artemia (diberikan untuk larva berumur 3 hari).
Dalam perawatan larva ikan turbot pemberian antibiotik juga dibutuhkan. Antibiotik ditambahkan ke budidaya larva yang dapat diandalkan untuk mengontrol bakteri dan meningkatkan peluang merangsang kekebalan terhadap obat. Desinfeksi telur menggunakan yodium (I-PVP: beryodium-polyvinylpyrolidone di 4% o, selama 5 menit) dianjurkan.
Setelah menjalankan setiap penetasan, pemberian fasilitas desinfeksi diperlukan.

Tahap Penyapihan (Wheaning Phase)
            Menyapih dapat dimulai secara langsung dalam tangki larva 1 minggu sebelum perubahan fasilitas, tapi tangki khusus yang direkomendasikan untuk membatasi penanganan ikan selama penyapihan. Dua jenis tangki penyapihan yang digunakan yaitu, tangki melingkar dengan kerucut atau basis semi-bulat atau, datar, tangki melingkar atau persegi. Outlet harus dipasang dengan nilon keranjang jala besar yang diambil dari ketika makanan inert digunakan secara eksklusif. Tangki fiber glass 2 x 2 x 0,5 m yang paling umum.
Ukuran terbaik untuk pelet tergantung pada kadar air dan harus terus menerus disesuaikan dengan ukuran ikan. Makanan yang diberikan harus menarik ikan unntuk menyantapnya (bisa dengan diberi stimulan atau tekstur yang lembut). Ikan juga harus diberi air yang stabil untuk mencegah polusi yang berlebihan pada wadah.  Nutrisi yang harus mendapat perhatian lebih untuk juvenil turbot adalah HUFA dan vitamin. Protein dan lemak kasar berkisar antara 50-60% dan 10-15%.
Pelet basah digunakan pada awal penyapihan adalah diekstrusi melalui
lubang berukuran 630-1000
µm. Ukuran kering runtuh umumnya meningkat 400-600 (50-500 mg ikan) untuk 630-800 µm (500 sampai 1000 mg ikan) dan 1.5 mm setelahnya.
Hasil fase menyapih (Weaning phase) yang baik adalah, dalam kondisi yang baik, 50% larva mendapatkan asupan makanan buatan dan mencapai tingkat kelangsungan hidup sebesar 90% sampai hari ke-90 setelah penetasan dari telur. Hasil tersebut diperoleh pada skala percontohan (sebanyak 20.000 juvenil dari 100 mg berat awal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuna Mata Besar

Mengenal Tuna Mata Besar (Bigeye Thuna) (Thunnus obesus) Dikenal dengan sebutan Bigeye tuna termasuk jenis tuna besar, sirip...